Tutorial Cara FLASH ASUS Zenfone

Tags

  1. Download Intel USB Driver for Android Download 
       (LANGSUNG INSTAL, 
       bagi win 8 yg g bisa instal compabilitas diganti win 7)
  1. Download ADB Fastboot tool disini -->http://adf.ly/o8qbC
  2. Download Firmware 
    Zenfone 5 : Download
    Zenfone 6 : Download
Pilih tab "driver and tools" terus pilih OS "Android"pada menu dropdown yang disediakan. Oh iya, pilih jenis firmware seperti WW, TW, CN atau CHT yang ada di situs asus tersebut sesuai dengan handphone android anda. Cara mengeceknya di handphone yaitu di Setting-->About-->Software Information-->Build Number. Nah pada keterangan build number tersebut silahkan diamati apakah firmware handphone anda berjenis WW, TW, CN, atau CHT. Nah, kalo anda sudah tidak dapat masuk ke home Zenfone UI (misalkan karena bootloop), anda bisa mengeceknya pada dosbook zenfone 5 anda. Kalo punya saya sih ada keterangan firmware WW nya. Pilih firmware yang terbaru. Ukuran dari firmwarenya sekitar 600-an MB dan berekstensi .zip.

Langkah utama
  1. Matikan (Power Off) Zenfone anda.
  2. Masuk ke Mode "Zenfone Fastboot Mode" dengan cara menekan tombol power dan volume up secara bersama-sama. Setelah itu akan terdapat menu Zenfone Fastboot mode diantaranya, yaitu : Reboot Droidboot,  Reboot, Recovery, Factory Reset, dll. Pada tahap ini silahkan pilih menu "recovery". Untuk navigasi atas dan bawah menggunakan vol up dan vol down. Untuk memilih salah satu, yaitu dengan menekan tombol power.
  3. Setelah memilih menu "recovery",  maka anda akan dihadapkan pada gambar robot android yang terlentang dengan tulisan "No Command". Nah, pada tahap ini anda diharuskan untuk masuk ke mode "Android System Recovery" dengan cara menekan dan menahan vol down, lalu menekan tombol vol up (dengan tetap menahan tombol vol down) dan melepas tombol vol up saja (Tombol vol down tetap ditahan). Jika anda berhasil, maka anda akan dihadapkan pada mode  "Android System Recovery" dengan pilihan menu "reboot system now", "apply update from adb", "wipe cache", dll. 
  4. Setelah itu sambungkan Zenfone 5 anda dan PC dengan menggunakan kabel USB.INGAT!!, driver intel for android harus sudah terinstall. Setelah itu pilih menu "apply update from adb" pada "Android System Recovery" di zenfone 5 anda.
  5. Jika berhasil maka, akan terdapat notifikasi pada PC bahwa Android ADB telah terhubung. 
  6. Setelah itu extract ADB Fastboot tool yang telah didownload sebelumnya.
  7. extract juga firmware yg diperoleh dari asus dalemnya zip LAGI, ganti nama zip itu pake yang gampang misal "USER.zip" lalu pindahin dalam satu folder ADB Fastboot tool
  8. Buka Command Prompt yg ada di dalam folder ADB Fastboot tool "START.cmd" langsung ketik adb[spasi]sideload[spasi]USER.zip 
  9. Setelah itu pada Command Promt akan keluar proses uploading firmware dari PC ke Zenfone. Tunggu hingga 100%.
  10. Setelah proses upload seleasi, perhatikan pada Zenfone 5 anda, disana nanti terdapat proses instalasi firmware. Jika tahap instalasi telah berhasil dan tidak terdapat pesan error, maka nanti anda akan dihadapkan pada "Android System Recovery". Setelah itu pilih menu "Reboot System Now"
  11. Setelah reboot, maka zenfone 5 anda akan kembali ke sediakala seperti baru lagi. 
  12. Sekian dan selamat mencoba.

76 komentar

Kalo buat ganti serial number dari CN ke WW bisa gak om? Ane pengen apdet kitkat tp gabisa, soalnya punya ane zen 5 CN bukan WW. :'(

gan ane pake zenfone 5, nginstall game dgn apk dimainin tiba2 reboot sendiri abis tu bootloop. kira2 itu kenapa ya gan? abis tu kalo recovery dia formay internal ya (factory reset)? soalnya agan blgnya di nomor 11: .."seperti baru lagi.". thanks.

sudah sesuai langkah, tetap gagal, masuk gambar robot ijo selalu eror.

knp ya gan?

Gan langkah 7,8, & 9 ane kurang ngerti gan mohon pencerahannya

gan saya punya big problem pas instal driver intelnya ternyta ga support di windows 10 alhasil di cmd adbnya ga ngedetect zenfone saya :( padahal uda download yg kitkat fwnya

jangan pake windows 10 gan belum banyak yang suport kalo windows 10

Zenfone 5 ane bootloop setelah ganti font coba flashing cara di atas
Error terus mohon solusinya gan thanks

Error waktu install firmwarenya gan pesanya gini
OTA image sku: ww
assert failed: getprop ("ro.build.asus.sku")== "ww"
return code 8E: Error in /tmp/update.zip
(status 8)
E: fota_return_code 403
Installation aborted
udah coba berbagai versi fw yang type sku ww tetep error mohon bantunnya mas dan majasih udah reply.

gan, kalo ga ada proses setelah isi (adb useload user.zip) di comand gimana?

setelah instal usb driver n menuju proses flash, klo saya langsung extract di drive C:

*extract di drive C: file adb-fastboot-win.rar nya

*trus di dalem folder "adb-fastboot-win" paste fwnya dalam hal ini saya gunakan "UL-ASUS_T00F-WW-1.15.40.35-user.zip" untuk mempermudah saat pemanggilan filenya (proses No 10. tutor di atas Setelah itu pada Command Prompt ketikan perintah adb[spasi]sideload[spasi]nama_file_firmware.) saya rubah nama filenya menjadi "USER.zip" saja, jadi perintahnya adb[spasi]sideload[spasi]USER.zip

setelah itu tinggal tunggu 100% prosesnya

maaf bantuannya gan, tahap2nya udah dicoba, sampe loading copy firmware, ditengahtengah langsung eror,

belum nyampe 100% ko punya saya error ya? apa mungkin dari HH yang root, terus sebelumnya saya intral Xblast tool, (sebelum update )

gan,ane ngikutin tutor ini,tapi ada kendala saat mau upload firmaware dari pc ke zenfone5

gan zenphone 5 ane mren lg maen game restar mulu, trus ane factory reset msh jg restar mulu gan n sinyal ny silang gan, mohon pencerahan ny gan pls :)

saya pernah dapat kasus error yang sama, itu sewaktu saya jalan di windows 7 64bit..
tapi setelah saya ganti lepi yg masih pake win7 32bit,proses flashing lancar gan...

gan paham root zeny setelah upgrade kitkat?
mohon pencerahannya gan

gan saya punya asus zenson5 tiba" error keluar ui .. trus saya riset di pengaturan pabrik itu sukses .. tapi gak lama error lagi malahan tambah para tu hp .. saya masuk ke pengaturan malah gak bsa.. trus sering mati sendiri parahya lagi kalo nyalain lama bisa nyampe 2jam lebih... mohon pencerahanya...

by . muamar

bos, kalo utk download firmware zenfone 5 nya di bagian apa ya? aku masuk ke link nya, isinya spesifikasi nya. thx

Gan minta tolong, abis upgrade zenfone 5 ane ke kitkat, keyboard gak keluar. Padahal HP password lock, jadi sekarang gak bisa masuk :(. Tolong gan gimana caranya. Thanks

ok, gan..... thanxz
udeh berhasil balikin zen 5 bootloop pake cara di atas.....

thanks tutorialnya, gan. tapi memang kalau di reboot agak lama yah? kira2 berapa jam tuh?

Permisi gan.. Mau crita.. bigini gan zenfone5 ane habis maen game HD. kemudian hank tu.. la pada saat hank itu saya matikan pakasa dgn mnekan tombol power 3. kemudian pada saat ta nyalakan kemblai yang ada malah bootloop... pada saat zenfone5 sy msh normal kondisi batrai tgal 2% jadi karna saya ta coba hidupkan dan matikan kemblai, krna ga bisa masuk OS terus.. la btrai habis gan.. kemudian saya cas lah yang ada malah icon btrai doang.. dan aneh nya lagi btarai ga mau isi naik.. cuma icon btrai doang gan.. mohon bantuannya gan.. kalo ga sekilas info.. itu kerusakan parah atau tidak.... Makasih Gan...

flash ulang aja gan pake cara diatas

di flash ulang dah baik itu hp mas :D

gak nyampek berjam2 kali gan haha :D mungkin cuma 3-6 mnit

wipe data sama cache aja mas coba

masuk ke Fastboot Mode nya aja ga bisa gan...

Iya ternyata cepet gan. Harus clean data dan cache dulu baru bisa.

gan saya sudah masuk ke fastbootnya, tapi recoverynya ga da..

cara ini bisa dipake buat ganti firmware dari cn ke ww ga,, ??
thanks sebelumnya, ane sukses pake cara diatas,,

pas di cmd ada pesan 'cannot read user.zip'
.
itu kenapa yaaa.
tolong master Riowachid....
.
terima kasihh

pas di cmd ada pesan 'cannot read user.zip'
.
itu kenapa yaaa.
tolong master Riowachid....
.
terima kasihh

mas ,
saya sudah ngikutin tutorial diatas .
tpi pas memasukkan program baru kenapa jadi error ya.
apanya yang salah yaa.???
mohon bantuannya mas.
terima kasih

gini mas Rio ,
saya sudah sampai di tahap cmd ( adb sideload user.zip).
nah pada tahap ini kalo udah 100% kn proses pengiriman data ke Zenfone 5 kita.
saat (Memasang Pembaruan Sistem)..
blom sampai selesdai malah error pesannya (Kesalahan) gt.
.
itu knapa ya mas.????
saya udah download WW_1_18_40_9,WW_1_18_40_10,WW_2_19_40_18 dan TW_2_19_40_18 juga ttep aja tidak bisa..

makasih tutorialnya bro.. hp ane udah baikan lagi :D

kalo untuk zenfone 6 sama persis Gan?

Gimana cara re start zenfone 5, klo dia mode : Asus in search of incredible mulu, walo dah dimatiin ataw dipress power ma up volume gk ngerubah. dibantuin dunk, Mkasih.

Adb sideload cannot read user.zip" knpa y gan tlng pencerahany

hasilnya sama kayak kamu, hha mohon pencerahannya mas...

mas, saya punya zf 6, pada saat update sistem gagal instal, terus bootlope dah di hard reset/hard reboot sama aja hanya muncul logo asus (bootlope), gmana ngatasinya mas, mohon pencerahan, thanks

This comment has been removed by the author.

mas saya sudah masuk fastboot. namun saat pilih recovery tidak muncul gambar androi. hp malah restart dan bootloop. tolong pencerahan. terima kasih

mas, saya udah coba di zenfone 5 dan berhasil tutornya, (saya ada follow di twitter minta izin) saya minta izin share tutor agan (kopas) share link nya juga, di blog saya, boleh gak???

http://support.asus.com/download.aspx?SLanguage=en&m=ASUS%20ZenFone%205&p=39&s=1&os=32&hashedid=96nqlxHp1VKV4Rdz

gan pas ane ketik "adb sideload user.zip" keluar tulisan more than one devices and emulator. gimana gan? makasih

Gan saya udah ngikutin tutor di atas, 100%.
Tp erorr gmna gan?

ada ga Custom Rom untuk Zenfone 5 T00J?
nyari susah amat nih :(

zen 5 saya sudah diroot.pas saya tekan vol atas dan power malah masuk ke droidboot.pilihannya cuma ada reboot droidbot,reboot,factory reset,dan power off.gimana caranya supaya masuk ke android system recovery?

di windows 8.1 64 bit ngp ya gan intel USB driver ny ga mau di install??

This comment has been removed by the author.

gan, di smartphone ada perintah, upgrade image to 4.3 ,mksudnya apa yaa?

gan ane kok sim 2 nya ga mau kebaca ya gan?
solusi?

mohon pencerahan om zenfone 6 ane bootloop habis instal gl tool mau flash ulang mau masuk recovery mode cuma bertahan 3 detik aja trus ada tulisan bagian bawah cant not open;e hh ane langsung rebot jadi gak bisa utak atik adb padahal mau masuk fastboot lancar2 aja mohon pencerahan om jawaban sedia nya sangat di tunggu trims om

https://www.facebook.com/notes/asus-zenfone-6-indonesia/tutorial-flash-via-adb-sideload/494381704036757

gan kenapa kok pas udah ngetik adb sideload blablabla , terus ada tulisan gini * daemon not running. starting it now on port 5037 *. mohon solusinya gan, makasih

bacaannya no command bkn gan ? kalau iya gini caranya, teken tombol vol+ dan vol- bareng agak lama nanti juga keluar menu recovernya

Flash berhasil tp pas bootanimation booting lama kira2 apa yg salah ? zen 6
Udah wip factory reset tetep aja lama. bantuannya gan thx

gw ada install rom cynogenmod utk asus zf5 ww tapi invalid imei nya......

gan gmn ya kok pas saya klik ke mode recovery malah gambar robot ijo no coment nya gk ada ???
kyk restart biasa,

gan gmn ya kok pas saya klik ke mode recovery malah gambar robot ijo no coment nya gk ada ???
kyk restart biasa,

kang kok ane dapet tulisan kaya gini ya E;cannot load volume /misc! bisa bantu kah?

Gan ane kan udah masuk fastboot mode,terus ane pilih recovery,tp malah nyalah lagi hh ane kaya normal habis di reboot gitu,kenapa itu gan?
Hh ane zenfonen 5, makasihhh gan

Pada saat tulisan "NO COMMAND", tombol up dan down gak berfungsi, mohon solusinya

Kan SKU nya harus yg sama gan, contoh : UL ASUS T00G WW 1.14.40.50
nah itu kan SKU nya yg tipe WW, klo kita instal SKU yg lain emang bisa gan,,??
Soalnya kasus mas DAMEER sama kya kasus saya,,

Gan klo fonepad 8 flashing nya gimana yaa /??
Mohon pencerahan nya!!!!

gan error# E;failed to amount/factory (infalid argument)itu kenapa ea??trims

firmware nya error gan..update link donk


EmoticonEmoticon